Minggu, 06 November 2016

Pengertian Hardware Sofware dan Brainware

Tags

Pengertian Hardware dan Software Komputer - Komputer menjadi salah satu alat elektronik yang sangat  di butuhkan oleh seseorang terutama pada perkantoran, dikarenakan fungsi komputer yang bisa mempermudah seseorang dalam melakukan kegiatan, sebagai contoh dengan adanya berbagai macam aplikasi-aplikasi baik itu backoffice maupun aplikasi web yang dapat mempermudah pekerjaan, bayangkan hanya dengan satu perangkat elektronik kita bisa melakukan banyak hal, seperti mendengarkan music, memutar video, melakukan proses editing, olah hurus, olah kata dan masih banyak lagi yang bisa kita kerjakan menggunakan komputer.

Sebagaimana kita tahu bahwa komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari Software Hardware dan Branware yang saling terhubung sehinga menjadi sebuah komputer.

Pengertian Software komputer 

Sofware atau dalam bahasa indonesia biasa di sebut perangkat lunak adalah perangkat yang berupa aplikasi (program) yang di buat oleh programeryang dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah. Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware perangkat keras untuk di fungsikan sebagai mana fungsinya
Contoh Software :

Sistem Operasi
 
Software Aplikasi

 

Pengertian Hardware komputer 

Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer, Identitas yang membedakan hardware adalah data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. 

Contoh Hardware :
mouse
Mouse
keyboard
Keyboard

 
motherboard
Motherboard

monitor
Monitor

 
RAM

processor
Processor

Pengertian Brainware

Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer.
Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Yang mengoprasikan komputer sering disebut dengan user, user atau brainwere ada beberapa macam, contohnya seperti dibagian bawah ini:
  1. Progaramer yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang. 
  2. Administrator Adalah orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer. 
  3. Operator yaitu orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan sebagainya.

Fungsi Hardware dan Software Komputer 

Terlepas adanya perbedaan yang mencolok antara software dan hardware 2 jenis perangkat ini ternyata memiki fungsi masing-masing, Berikut orangbejo.com telah merangkumnya.

Fungsi Hardware
  1. Sebagai media pemberi masukan data (eksekutor). 
  2. Hardware berfungsi sebagai pengolah data. 
  3. Hardware juga mempunya fungsi sebagai penampil inputan dari subuah proses. 
Fungsi Software 
  1. Software berfungsi sebagai sistem operasi atau sistem pendukung. 
  2. Software berfungsi untuk mengatur (mengontrol) hardware. 
  3. Sofware juga berfungsi sebagai penerjemah setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat di terima oleh hardware. 
Demikian Artikel tentang Pengertian Hardware Sofware dan Brainware semoga dapat bermanfaat bagi pembacanya dan dapat digunakan sebagaimana mestinya, nantikan kembali artikel-artikel selanjutnya seputar dunia Informatika Komputer.


EmoticonEmoticon