Senin, 14 November 2016

Perbedaan RAM dan ROM

Tags

Perbedaan RAM dan ROM - Sekilas kalau dilihat dari fungsinya kedua perangkat ini hampir sama, namun sebenarnya berbeda, apakah perbedaan RAM dan ROM itu sendiri ? mari kita cari tahu perbedaannya melalui pengertian RAM dan ROM itu sendiri.

RAM
RAM
ROM
ROM

Pengertian RAM

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.

Pengertian ROM

ROM mempunyai tugas untuk menyimpan program yang sifatnya tetap atau permanen, tidak tergantung pada keberadaan arus listrik (nonvolatile), dan program yang tersimpan dalam ROM mempunyai sifat hanya bisa dibaca oleh para pengguna komputer. Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan erat dengan perangkat keras).

Dari Pengertian diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa perbedaan yang paling mendasar antara RAM dan ROM yaitu sebagai berikut :

  1. RAM menyimpan data bersifat sementara
  2. ROM menyimpan data bersifat permanen
Demikian artikel tentang Perbedaar RAM dan ROM semoga dapat bermanfaat bagi pembacanya dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.



EmoticonEmoticon