Senin, 14 November 2016

Cara Menggunakan Komputer Yang Baik Dan Benar

Tags

Menggunakan Komputer Yang Baik Dan Benar - Komputer adalah salah satu barang elektronik yang berbeda dengan barang elektronik yang lainnya, karena komputer merupakan barang yang sangat istimewa bagi seseorang yang membutuhkan komputer itu sendiri, sebagaimana kita telah tahu fungsi dan manfaat komputer itu sendiri sangatlah membantu bagi seseorang terutama pada kantor, Bank, Percetakan ataupun yang lainnya.

Namun dalam penggunaan komputer kita perlu tahu kaidah-kaidah dalam menggunakan komputer yang baik dang benar, mungkin bagi anda yang baru pertama kali mempelajari komputer haruslah diperhatikan dalam penggunaannya karena apabila tidak sesuai maka akan terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.

komputer
Unit Komputer

Beberapa hal ini kesalahan yang sering terjadi ketika menggunakan komputer :
  1. Mematikan komputer langsung pada tombol power

    Kesalahan ini mungkin yang paling banyak terjadi karena pengguna tidak sabar ketika mematikan komputer sehingga memilih untuk menggunakan tombol power untuk mematikan komputer, hal ini sangatlah berbahaya karena bisa merusak Harddisk.
  2. Makan Minum ketika menggunakan komputer

    Berdasarkan pengalaman saya selama menjadi Teknisi Komputer, penyebab terjadinya kerusakan pada keyboard yaitu karena kelalaian pengguna komputer itu sendiri yang makan minum didekat komputer, sehigga sisa-sisa makanan ataupun minuman yang tumpah di keyboard menyebabkan keyboard macet atau rusak.
Cara Mengoperasikan komputer itu sendiri ada 3 macam yaitu sebagai berikut :

Cara Menyalakan Komputer

Sebelum menyalakan komputer, pastikan kabel sudah terhubung ke masing-masing perangkat komputer seperti keyboard, mouse, monitor dan kabel power dalam keadaan terhubung power supply dan memastikan PC sudah terinstall Sistem Operasi.
Berikut adalah langkah-langkah menyalakan komputer.
  1. Tekan tombol power pada CPU kemudian ikuti dengan menekan tombol pada monitor. 
  2. Tunggu beberapa saat proses loading hingga muncul jendela windows dan komputer/PC sudah siap untuk digunakan. 

Cara Mengoperasikan Komputer

Sebelum membuka aplikasi-aplikasi yang akan anda gunakan, saya sarankan anda untuk merefresh komputer terlebih dahulu dengan menekan F5 pada keyboard, Untuk belajar lengkap mengenai komputer silahkan kunjungi link berikut ini.

Cara Mematikan Komputer Yang Baik dan Benar

Untuk mematikan komputer (Shutdown), ada beberapa tahap yang harus diperhatikan yaitu: 
  1. Tutup semua aplikasi yang Anda gunakan. 
  2. Klik menu Start (XP)/ Logo Windows (7) di pojok kiri bawah. 
  3. Pilih Shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati. 
  4. Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada Monitor dan Speaker, Stabilizer dan Perangkat komputer lainnya. 
  5. Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik. 
  6. Langkah-langkah di atas harus Anda kerjakan secara berurutan. Menyalakan dan Mematikan Komputer dengan baik dan benar bisa memperpanjang usia pemakaian komputer Anda. Selain itu komputer Anda juga akan selalu fresh dan jarang bermasalah. 
Demikian artikel mengenai Cara Menggunakan Komputer Yang Baik dan Benar semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai dunia komputer.


EmoticonEmoticon